Samsung Galaxy A6 Plus: Harga Terbaru & Spesifikasinya

Serentak dengan peluncuran Samsung Galaxy A6, Samsung Indonesia juga turut mempromosikan smartphone flagship terbarunya yang dirilis tahun 2018 silam yaitu Samsung Galaxy A6 plus yang dilengkapi dengan spesifiksi lebih tinggi dan layarnya yang berukuran lebih besar.

Bicara soal desain, Galaxy A6 plus ini memang tidak begitu jauh berbeda dari Galaxy A6.

Dari segi tampilan di bagian depannya, smartphone ini cenderung hampir mirip dengan Galaxy A8 series. Smartphone ini dibalut dengan casing unibody yang solid dan tersedia dalam beragam varian warna mulai dari hitam, emas, biru, dan lavender. Adapun kamera ganda pada sisi belakang Galaxy A6 plus merupakan salah satu kelebihannya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut seputar Samsung Galaxy A6 plus.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A6 Plus

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A6 Plus
KeluaranMei 2018
HargaRp 4.199.000
Platform
RAM4GB
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
Penyimpanan32GB (microSD up to 400GB)
GPUAdreno 506
Sistem operasiAndroid 8.0 (Oreo)
Kamera Depan
Tunggal24MP (f/1.9), LED flash
Video1080p @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Kamera Belakang
Dual Camera16MP (f/1.7) + 5MP (f/1.9), phase detection autofocus, LED flash
Video1080p @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Bodi
Berat186 gram (6.56 oz)
Dimensi160.2 x 75.7 x 7.9 mm
WarnaBlack, Gold, Blue, Lavender
LayarSuper AMOLED 6 inci (2220 x 1080 piksel)
BateraiLi-Ion 3500 mAh
ProteksiCorning Gorilla Glass
TeknologiTBA
Konektivitas
JaringanGSM/HSPA/LTE
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
Dukungan4G LTE
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa (optional)
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
RadioFM Radio

 

Samsung Galaxy A6 plus dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan versi RAM 4GB serta fitur-fitur lainnya. Adapun smartphone flagship satu ini cukup mumpuni dan banyak direkomendasikan sebagai salah satu yang menengah dengan spesifikasi dan fiturnya yang memang bisa diandalkan.

1. Hardware dan Software

Perlu Anda ketahui bahwa smartphone ini didukung dengan prosesor Octa-core berarsitektur 64-bit. Adapun prosesor delapan inti ini memiliki kecepatan clock hingga 1.8 GHz berteknologi proses FinFET 14nm, sehingga komputasinya cenderung lebih mulus. Sedangkan pada bagian grafis, Galaxy A6 plus ini dilengkapi dengan prosesor grafis Mali-T830 MP1 yang cukup powerful.

Smartphone ini memiliki dua versi dari segi RAM dan juga ruang penyimpanan internal yaitu ada RAM 4GB dengan ruang penyimpanannya mencapai 32 GB dan masih bisa up to 400 GB. Sistem operasi yang diusung oleh smartphone ini ialah Android 8.0.

2. Desainnya yang Cantik dan Premium

Umumnya, kesan pertama yang biasa diperhatikan oleh konsumen ialah dari sisi belakang yakni terdapat garis antena ganda yang unik melengkung di bagian sudut atas dan bawah. Dimana garis antena atas tersebut menyambung mulus ke bagian penempatan sensor kamera belakang dan juga pemindai sidik jari. Hal ini memang hampir sama seperti pada smartphone flagship lain seperti Galaxy S9.

Sedangkan, tepat di bagian samping kamera terdapat unit lampu kilat LED. Smartphone flagship satu ini cenderung cukup langsing dengan memiliki ketebalan hanya 7.7 mm.

Samsung Galaxy A6 plus sendiri memang cukup nyaman digenggam yaitu cukup dengan satu tangan saja meski bagi para pengguna bertangan kecil mungkin akan sedikit kesulitan ketika hendak menjangkau sudut atas layar dengan menggunakan ujung jempol. Adapun Galaxy A6+ tersedia dalam beberapa varian warna yaitu hitam, emas, biru dan juga lavender.

Pada bagian selubung casing dan juga frame sepenuhnya mengandalkan meterial aluminium, sehingga cenderung tampak lebih kokoh dan mewah. Sedangkan, pada bagian depan layar diperkuat dengan penambahan lapisan kaca Gorilla Glass dari Corning. Sehingga, tak perlu khawatir lagi jika layar akan tergores atau pun retak akibat benturan maupun terjatuh karena tidak disengaja.

3. Display Flagship

Smartphone samsung untuk kelas mid range ini hadir dengan tampilan layar tanpa bingkai yang saat ini sedang populer. Meskipun bukan termasuk seri Galaxy A yang memiliki fitur Infinity Display, dimana Samsung A8 rilisan 2018 dan juga Galaxy A8+ sudah memiliki fitur tersebut lebih dulu.

Adapun smartphone ini dirancang tanpa tombol home yang dapat dilihat secara fisik, dimana Samsung saat ini sedang bertahap ingin menghilangkan tombol yang satu ini. Sedangkan, di bagian atas layar, pengguna bisa melihat sensor kamera selfie, speaker grille, sensor dan juga unit flash LED. Smartphone ini dilengkapi dengan layar sentuh kapasitif Super AMOLED yang berukuran 5,6 inci.

Hebatnya lagi, resolusi layarnya mencapai HD+ 720 x 1480 piksel dan dengan kepadatan 294 piksel per inci. Samsung Galaxy A6 plus memang cukup memuaskan dalam memperlihatkan tampilan layar yang memiliki detail sempurna.

Adapun layar Galaxy A6 plus ini menampilkan aspek rasio 18,5:9, dimana rasio layar ini membentang hingga 75% dari bodi nya. Uniknya, fitur Always On Display juga turut menghiasi layar guna menampilkan pesan notifikasi seperti SMS, chat, jam, dan lain sebagainya tanpa menyentuh layar untuk menyalakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

– Kelebihan

1. Kamera Depan dan Belakang yang Mantap

Dari segi fitur kamera, smartphone satu ini mampu menghasilkan foto yang cukup bagus dan detail. Dimana kameranya tak hanya mampu menangkap gambar pada kondisi cahaya terang, melainkan juga baik dalam kondisi yang gelap sekali pun.

Selain itu, kamera belakang Galaxy A6 plus juga dilengkapi dengan mode PRO. Tak hanya itu, kamera belakang smartphone ini juga mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh. Tersedia juga fitur Live Focus. Sedangkan, kamera depannya tidak begitu buruk dan juga tidak begitu istimewa.

Adapun kamera Galaxy A6 plus ini juga dilengkapi fitur seperti AR emoji dan fitur portrait, sehingga membuat kamera depannya termasuk ke dalam bukan kategori biasa. Kemungkinan yang menjadi salah satu kelemahan dari kamera Galaxy A6 plus ini yaitu kurang begitu baik saat menangkap kodisi cahaya yang gelap.

2. Daya Tahan Baterai yang Baik

Penting untuk Anda ketahui bahwa Samsung Galaxy A6 plus ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Adapun kapasitas baterai smartphone ini mampu bertahan hingga 14 jam lebih dan daya tahan baterainya tergolong baik.

Dimana sebagian besar orang sudah membuktikan bahwa daya tahan baterai smartphone ini cukup baik dan memuaskan, karena mampu bertahan sampai dua hari bagi pemakaian umum, mulai dari berselancar di internet, menelpon, dan lain sebagainya.

– Kekurangan

1. Tidak Ada NFC

Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya, Galaxy A6+ (2018) ini berada di rentang harga Rp 4 juta-an. Dengan harga tersebut, seharusnya smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Namun sayangnya tidak ada. Padahal, NFC merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan apabila ditinjau oleh kalangan professional.

2. Tidak Mendukung Pengisian Cepat

Penting untuk Anda ketahui bahwa daya tahan baterai Galaxy A6 plus ini tergolong awet, namun berbanding terbalik dengan waktu tempuh pengisian baterainya. Singkat kata, smartphone ini tidak mendukung pengisian cepat. Sehingga, untuk melakukan pengisian daya smartphone ini haruslah sampai penuh dalam waktu cukup lama.

Harga Samsung Galaxy A6 Plus

Harga Samsung Galaxy A6 Plus
Harga Samsung Galaxy A6 Plus

Pada tahun 2019 ini, Samsung Galaxy A6 plus masih bertahan dengan rentang harga Rp 4 juta-an. Untuk smartphone yang sekelas dengannya, harga ini memang tergolong cukup terjangkau. Adapun harganya di bulan Juni 2019 ini berkisar Rp 4.175.000. Bagi Anda yang berminat membelinya bisa pesan secara online atau ke Samsung center secara langsung.

Smartphone lainnya yang sekelas dengan Galaxy A6 plus ini memang dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan ini. Meskipun begitu, smartphone ini sudah cukup memadai bagi Anda yang gemar fotografi atau pun hanya sekedar berselancar di media sosial dan sebagainya.

 

Tinggalkan komentar