Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A7 2018

Tentunya sudah tidak asing lagi mendengar vendor smartphone asal Korea satu ini yaitu Samsung. Beberapa tahun yang lalu, Samsung sempat sukses merilis smartphone flagship nya yang bertajuk Samsung Galaxy Note 9.

Hingga pada tahun 2018, Samsung kembali menghadirkan smartphone Android andalan kelas menengah yaitu Samsung Galaxy A7.

Adapun smartphone yang satu ini masuk dalam kategori line up Galaxy A series yang merupakan lini kelas menengah dan tergolong satu tingkat di bawah Samsung Galaxy S series. Dimana smartphone ini menjadi populer berkat kehadiran perdananya yang dirancang dengan fitur tiga kamera utama.

Bagi Anda yang berminat untuk membelinya, simak terlebih dahulu harga Samsung Galaxy A7 dan spesifikasinya  di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A7

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A7
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A7
KeluaranSeptember 2018
HargaMulai dari Rp 4.499.000
Platform
RAM4 GB, 6 GB
CPUOcta-Core 2x Cortex-A73 2.2 GHz & 6x Cortex-A53 1.6 GHz
Penyimpanan64 GB / 128 GB, microSD up to 512 GB (dedicated slot)
GPUMali-G71 MP2
Sistem operasiAndroid 8.0 (Oreo)
Kamera Depan
Tunggal24MP FF (F2.0)
Video[email protected][email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
KameraBelakang
Triple camera¾    24MP AF (F1.7)

¾    Ultra Wide: 8MP (F2.4), 120°

¾    Depth: 5MP(F2.2)

Video[email protected][email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Bodi
Berat168 gram
Dimensi159.8 x 76.8 x 7.5 mm (6.29 x 3.02 x 0.30 in)
WarnaHitam, Biru, Emas, Merah Muda
Layar6.0” FHD+ (1080×2220) Super AMOLED
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh
ProteksiCorning Gorilla Glass
TeknologiTBA
Konektivitas
JaringanGSM/HSPA/LTE
SIMSingle SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dukungan4G LTE
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa (optional)
USBMicroUSB 2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
RadioFM Radio

1. Smartphone perdana samsung yang dirancang dengan Tiga Kamera Belakang

Penting untuk Anda ketahui bahwa Samsung Galaxy A7 merupakan smartphone pertama keluaran Samsung yang dirancang dengan tiga buah kamera belakang. Walaupun bukan yang pertama dalam industri smartphone, akan tetapi smartphone dengan fitur seperti ini masih sangat jarang dijumpai. Oleh sebab itu, hingga kini Samsung terus berinovasi dengan produk miliknya.

Saat ini, hanya ada tiga buah smartphone yang memiliki teknologi tiga kamera belakang dan tergolong ke dalam seri unggulan. Adapun smartphone tersebut diantaranya seperti LG V40 ThinQ, Huawei P20 Pro, dan Samsung Galaxy A7 2018.

2. Fingerprint di bagian samping

Umumnya, letak fingerprint sensor berada di bagian belakang atau depan smartphone. Lain halnya dengan Samsung Galaxy A7 ini yaitu memiliki fingerprint sensor dengan letak yang unik dan lain dari pada yang lain, yaitu di bagian samping layaknya power button.

Selain itu, kegunaan fingerprint sensor ini juga bisa untuk membuka notifikasi serta aplikasi kamera dengan cepat dan praktis.

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A7

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A7
Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A7

Kelebihan Samsung Galaxy A7

1. Desain dan material premium

Adapun keunggulan dari Samsung Galaxy A7 salah satunya yaitu memiliki desain premium dan elegan khas ponsel flagship dari brand Samsung. Selain elegan, Galaxy A7 ini juga menggunakan material kelas atas seperti back cover dengan bahan kaca serta frame yang terbuat dari aluminium.

Adapun perpaduan antara material-material tersebut menjadikan smartphone ini lebih indah dan kokoh. Terlebih lagi, dengan adanya perlindungan kaca Gorilla Glass, sehingga anti akan benturan serta goresan pada layarnya.

2. Penyimpanan yang Besar

Jika Anda membutuhkan smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar, Galaxy A7 bisa jadi pilihan yang tepat buat Anda. Adapun smartphone ini hadir dengan kapasitas penyimpanan yang sangat luas yaitu 64 GB dan 4 GB RAM serta 128 GB dan 4/6 GB RAM.

Dimana kapasitas penyimpanan tersebut masih bisa diupgrade dengan microSD hingga 512 GB. Sehingga, Galaxy A7 seri terbaru ini sudah tergolong ke dalam kategori smartphone yang memenuhi kriteria penyimpanan perangkat mobile masa kini.

Kekurangan Samsung Galaxy A7

1. Tidak memiliki lensa telephoto

Seperti yang diketahui sebelumnya, smartphone Samsung Galaxy A7 hadir dengan fitur tiga buah lensa kamera. Dimana lensa telephoto merupakan sebuah lensa yang dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah foto berlatar buram atau bokeh yang maksimal serta mempunyai kualitas zoom yang optimal. Akan tetapi, Galaxy A7 ini tidak menghadirkan lensa telephoto ini.

Bisa jadi dikarenakan harga lensa tele ini cenderung lebih mahal dibandingkan lensa lainnya. Hal ini karena lensa zoom sendiri biasanya dihadirkan untuk smartphone kelas unggulan.

2. Kapasitas baterai kurang optimal

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa Galaxy A7 ini mempunyai kapasitas baterai sebesar 3.300 mAh. Adapun jumlah kapasitas tersebut terbilang standar untuk smartphone Android rilisan tahun 2018. Apabila dibandingkan dengan smartphone terdahulunya yaitu Galaxy A7 rilisan 2017, jumlah kapasitas baterainya cenderung lebih besar yaitu sekitar 3.600 mAh.

3. Tidak support USB Type-C

Pada tahun 2018, seluruh smartphone seri A milik Samsung yaitu Galaxy A3 yang rilis tahun 2017, Galaxy A5 2017, serta Galaxy A7 2017 sudah dirancang dengan teknologi USB Type-C. Namun, sayangnya Samsung tidak menghadirkan fitur serupa untuk Galaxy A7 rilisan tahun 2018.

4. Tidak Tahan Air dan Debu

Selanjutnya, kekurangan dari smartphone Galaxy A7 2018 ini yaitu tidak adanya sertifikasi ketahanan air dan debu IP68. Dimana fitur ini tidak dihadirkan dikarenakan pada smartphone Galaxy A series sebelumnya sudah dihadirkan. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari Galaxy A7 2018, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

5. Tidak support wireless charging

Terakhir, Galaxy A7 2018 ini juga tidak support terhadap fitur Wireless Charging. Memang fitur yang satu ini cenderung tidak begitu dipertimbangkan oleh para konsumen ketika hendak membeli smartphone baru. Akan tetapi, kehadiran fitur ini tentu juga memberikan kemudahan bagi Anda yang memiliki smartphone berfitur ini guna melakukan pengisian daya supaya lebih praktis dan mudah.

Meskipun tidak begitu menjadi permasalahan, akan tetapi fitur ini cukup berpengaruh. Dimana untuk smartphone premium sekelas Galaxy A series tampak sedikit minus atau pun kesan premiumnya cenderung berkurang. Adapun teknologi pengisian daya nirkabel ini juga cukup memakan banyak biaya yang lebih mahal. Sehingga, hal ini menjadi pertimbangan Samsung untuk memangkas harganya.

Harga Samsung Galaxy A7

Harga Samsung Galaxy A7 Terbaru
Harga Samsung Galaxy A7 Terbaru

Jika tahun lalu Galaxy A7 resmi dirilis, maka harga smartphone sebelumnya seperti Galaxy A7 2017, Galaxy A5 2017 dan lain sebagainya cenderung jauh lebih mahal ketimbang Galaxy A7 yang baru rilis ini. Adapun harganya sendiri berkisar mulai dari Rp 4,5 juta untuk versi terendahnya. Dimana harga tersebut tergolong cukup terjangkau di kelasnya.

Dari segi kelengkapan fitur memang Galaxy A7 2018 cukup unggul di bidang kamera, namun di sisi lain Galaxy A7 rilisan 2017 juga memiliki keunggulan yang tak kalah hebat. Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari smartphone baru bermerk Samsung, Anda bisa memilih Galaxy A7 ini. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila Anda teliti dalam memeriksa produk tersebut sebelum membelinya.

Ada banyak seri hp Samsung yang resmi dijual di Indonesia, cek juga daftar harga hp samsung lainnya.

Tinggalkan komentar