Samsung Galaxy A8: Harga Terbaru 2019 & Spesifikasinya

Samsung Galaxy A8 kini hadir dan dapat dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia. Sebuah kabar yang sangat menggembirakan bagi para penggemar gadget usungan Korea Selatan ini. Pasalnya, keluaran terbaru dari smartphone yang telah dikenal luas di seluruh penjuru dunia ini merupakan seri terbaru di tahun 2018 dari pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A7.

Seri Galaxy A8 ini dikeluarkan secara bersamaan dengan Samsung Galaxy A8 Pro. Terdapat beberapa fitur yang kurang lebih mirip dengan fitur yang ada pada Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah asisten Bixby Vision, Infinity Display, dan kamera ganda atau yang lebih dikenal dengan sebutan dual-camera.

Spesifikasi dan Harga Galaxy A8

Spesifikasi dan Harga Galaxy A8
Spesifikasi dan Harga Galaxy A8

 

KeluaranJanuari 2018
HargaRp 6.500.000
Platform
RAM4 GB
CPUOcta-core (2×2.2 Ghz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex A-53)
Penyimpanan32/64 GB (support microSD hingga 256 GB)
GPUMali-G71
Sistem operasiAndroid 7.1.1 (Nougat), dapat diupgrade hingga Android 9.0 (Pie)
Kamera Depan
Ganda16 MP, f/1.9, 27mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
8 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/4″, 1.12µm
Video1080p @30fps
Fitur
Kamera Belakang
Tunggal16 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.8”, 1.12µm, PDAF
Video1080p @30fps
FiturPanorama, LED flash, HDR
Bodi
Berat172 gram (6.07 oz)
Dimensi149.2 x 70.6 x 8.4 mm (5.87 x 2.78 x 0.33 inci)
WarnaBlue, black, gold, dan orchid grey
LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
BateraiLi-Ion 3000 mAh battery, non-removable
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
TeknologiFast battery charging 18W
Konektivitas
JaringanGSM/HSPA/LTE
SIMSingle SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano; dual stand-by)
Dukungan4G
Bluetooth5.0, A2DP, EDR, LE
GPSYes, dengan A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
USB2.0, reversible connector Type-C 1.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorFingerprint (rear-mounted), compass, proximity, accelerometer, barometer, gyro
RadioFM Radio

 

1. Warisan Exynos

Seperti halnya beberapa produk unggulan Samsung sebelumnya, Galaxy A8 masih dibekali dengan mesin chipset Exynos dengan spesifikasi CPU prosesor Octa-core Cortex A-73 dan A-53. Selain itu, penggunanya juga disuguhi dengan kapasitas penyimpanan RAM sebesar 4 GB yang membuatnya tidak kalah efisien dengan berbagai jenis ponsel pintar saingannya di pasaran teknologi.

Lebih dari itu, kapasitas memori internal hingga 64 GB dapat dikatakan lebih dari cukup untuk menampung berbagai aplikasi dan fitur yang ingin dipasang. Seolah tidak cukup, Galaxy A8 bahkan memaksimalkan kapasitas penyimpanan memori micro-SD eksternal hingga 256 GB maksimal. Pengguna dapat mengucapkan selamat tinggal kepada pemberitahuan memori yang sudah penuh.

2. Dimensi luas nan menawan

Dimensi luas dengan ukuran 149.2 x 70.6 x 8.4 mm (5.87 x 2.78 x 0.33 inci) membuat ponsel ini menjadi idaman para penikmat tayangan digital. Ukurannya termasuk tidak terlalu besar, sehingga masih nyaman untuk digenggam. Dengan demikian, dimensi ini begitu cocok untuk kalangan muda yang akan sering menggunakan ponsel pintarnya.

Kenyamanan secara fisik juga dipertimbangkan oleh perusahaan ini. Hal itu dibuktikan dari beratnya yang bernilai 172 gram. Seirama dengan empat macam warna yang dirilis pada seri ini, yaitu blue, black, gold, dan orchid grey, membuatnya makin bersahabat dengan kawula muda. Warna-warna ini didesain agar tetap terlihat modern.

3. Layar jernih berkualitas

Satu lagi perangkat yang tak kalah berkualitas pada ponsel ini. Layar Super AMOLED dengan capacitive touchscreen, dikatakan mampu menampilkan hingga 16 juta warna pada saat yang bersamaan. Terlebih lagi, dengan ukuran layar seluas 5.87 inci serta tingkat resolusi video 1080 pixel pada 30 frame rate per second membuatnya seolah menjadi bioskop dalam genggaman.

Selebihnya, ponsel ini mengusung fitur Infinity Display, dimana pengguna sangat dipuaskan dengan layar ekstensif dari ujung ke ujung. Resolusi FHD+ semakin mengangkat kualitas tampilan Galaxy seri A ini. Dengan berbagai macam teknologi mutakhir pada layarnya, tidak heran apabila Galaxy A8 menjadi favorit begitu banyak orang.

4. Kamera depan ganda

Samsung Galaxy A8 akan sangat sempurna bagi anda yang gemar berfoto selfie, karena ponsel ini digadang-gadang memiliki fitur kamera depan ganda. Kedua lensa depan ini dapat diatur sesuai preferensi pribadi di berbagai kondisi. Dengan kamera depan ber-resolusi 16 dan 8 Megapixel, siapapun dapat mengabadikan wajah-wajah kesayangan mereka dengan lebih sempurna.

Tidak kalah menarik, kamera depan pada Galaxy A8 memiliki fitur perintah Voice Control. Fitur unggulan ini sangat memudahkan pengguna dalam menangkap momen-momen istimewa yang sedang berlangsung. Bahkan, saat ini pengguna dapat mengambil foto panorama dengan kamera depan. Sebuah fitur yang hampir tidak dimiliki oleh ponsel dengan brand lainnya.

5. Kemampuan fast charging

Tampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi apabila seri garapan Samsung ini juga sudah mengusung kemampuan fast charging. Baterai Li-ion dengan kapasitas 3000 mAh yang dimilikinya dapat kembali terisi penuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Akan sangat praktis bagi anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi untuk menghemat waktu anda yang berharga.

6. Berbagai teknologi dalam genggaman

Kecanggihan teknologi Samsung dapat benar-benar dirasakan lewat berbagai jenis fitur canggih yang dipasang pada Galaxy A8. Sebut saja fitur biometrik seperti kunci pengenalan wajah, kunci sidik jari, serta fitur lainnya seperti koneksi televisi, perintah suara, Bixby Intelligence, dan Samsung Pay. Semua dapat dirasakan dalam satu genggaman tangan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8

– Kelebihan

1. Kamera depan ganda

Galaxy A8 disebut-sebut sebagai ponsel Samsung pertama yang memanfaatkan kamera depan ganda atau dual front camera. Kamera ini dirancang dan didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan selfie berlayar lebar. Tidak hanya itu, berbagai efek seperti efek bokeh juga melengkapi pemanfaatan kamera depan ini. Hal ini berarti lebih banyak selfie latar belakang jernih yang dapat diabadikan.

2. Face recognition

Fitur face recognition memampukan pengguna untuk membuat identifikasi wajah pada ponsel Galaxy A8 mereka. Pengguna dituntun untuk menggunakan sensor kamera depan agar dapat membuka kunci ponsel mereka. Dengan demikian, diharapkan tingkat sekuritas ponsel yang memuat informasi pribadi akan lebih terjamin.

– Kekurangan

1. Upgrade sistem operasi manual oleh pengguna

Sistem operasi Android 7.1.1 (Nougat) sayangnya dirasa masih sedikit tertinggal apabila dibandingkan dengan seri produk keluaran Samsung lainnya. Hal ini mungkin akan menjadi sedikit merepotkan bagi sebagian orang karena perlu melakukan upgrade sistem operasi android secara manual.

Harga Samsung Galaxy A8

Harga Samsung Galaxy A8
Harga Samsung Galaxy A8

Pada tahun 2018, Samsung Galaxy A8 dikeluarkan dengan harga sebesar Rp. 6.500.000,-. Dengan berbagai macam kemudahan dan teknologi yang ditawarkan, harga tersebut dapat terbilang cukup sepadan. Lebih lagi, harga tersebut merupakan harga riset, yang berarti bahwa harga tersebut dapat turun seiring berjalannya waktu.

Teruntuk anda yang gemar ber-selfie ria, pertimbangkan sisi positif dan manfaat yang dapat anda rasakan. Semakin cepat anda memilikinya, maka momen-momen berharga tentunya semakin cepat untuk dapat diabadikan.

Tinggalkan komentar